Cara Mengamankan Kartu Kredit Anda Dari Kejahatan Internet

Terlepas dari pernah atau tidaknya Anda melakukan transaksi via internet dengan menggunakan kartu kredit belum tentu karu kredit Anda akan aman (secure). Ini menimpa salah satu teman saya yang tiba-tiba di billingnya ada transaksi yang dilakukan via online, transaksi itu dilakukan di Bandung sedangkan teman saya itu berada di Surabaya, tapi untungnya pihak Bank mengkoreksi transaksi tersebut sehingga teman saya itu lega karena dia tidak harus membayar tagihan yang tidak pernah dilakukannya.

Kok bisa kebobolan? Saya sendiri tidak tahu mengapa hal itu terjadi akan tetapi disini saya akan memberikan tips bagaimana agar kartu kredit Anda aman.

Bagaimana transaksi kartu kredit via internet dapat berjalan?

Ada dua hal yang menjadi kunci transaksi di internet dengan kartu kredit dapat berhasil yaitu nomor karu kredit (16 digit yag tertera didepan kartu kredit Anda) dan tiga angka terakhir yang ada dibalik kartu (disebut juga code verifikasi atau Card Security Code, CSC, lihat gambar diatas).


Apabila Anda melakukan transaksi via internet dengan membayar menggunakan kartu kredit maka Anda akan disuruh mengisi 16 nomor kartu kredit Anda dan bila nomor Anda valid maka langkah selanjutnya Anda akan disuruh untuk memasukkan 3 digit nomor CSC/kode verifikasi yang ada dibalik kartu kredit Anda.Apabila verifikasi berhasil maka pembayaran Anda akan diterima.Verifikasi biasanya dilakukan melalui Visa/Mastercard Internasional selaku pemberi lisensi kartu kredit.

Bagaimana cara melakukan transaksi yang Aman?



Gunakan situs resmi yang menerima pembayaran secara online. Situs resmi yang menerima pembayaran online biasanya di websitenya tertulis “secure shopping” dan saat Anda melakukan transaksi online pastikan muncul gambar gembok yang terdapat dibrowser Anda (bisa juga dibagian bawah kanan bila Anda menggunakan Firefox).

Gunakan Paypal
Paypal adalah website yang melayani pembayaran secara online. Dengan menggunakan Paypal maka Anda tidak perlu memasukkan 16 nomor kartu kredit setiap kali melakukan transaksi online. Jadi nomor kartu kredit Anda hanya tersimpan di akun Paypal. Oh ya Paypal terjamin keamanannya. Saya menggunakan Paypal untuk setiap transaksi online di internet.

Tutup 3 Digit nomor CSC bila Anda memfotokopi Kartu kredit
Kalau Anda ingin mengapply kartu kredit maka Anda biasanya harus memfotokopi kartu kredit yang telah Anda punyai. Saya sarankan Anda menutup 3 digit kode CSC kartu Anda sebelum difotokopi. Dengan cara ini maka kartu kredit Anda akan aman.

Jangan sekali-kali menyebutkan no kartu via telepon
Sebagai pemilik kartu kredit tentu saja Anda akan banyak menerima telepon yang menawarkan entah itu voucher hotel, voucher asuransi dll. Apabila dalam setiap transaksi tersebut Anda diharuskan untuk menyebutkan nomor kartu kredit sebagai bentuk berhasilnya transaksi maka sebaiknya Anda berhati-hati, sebab belum tentu penawaran tersebut adalah langsung berhubungan dengan Bank penerbit kartu kredit Anda.

Selalu cek billing tagihan Anda
Apabila ada transaksi yang mencurigakan dalam arti tidak pernah Anda lakukan maka sebaiknya Anda melakukan konfirmasi ke card center penerbit kartu kredit Anda.

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.